Wednesday, August 15, 2012

Pengenalan tentang Kayu Lapis ( Plywood / Triplek )

PLYWOOD atau biasa dikenal dengan sebutan KAYU LAPIS atau TRIPLEK. Plywood terbuat dari lembaran kayu tipis (veeneer) dengan cara dipotong tipis-tipis menggunakan mesin khusus dengan ketebalan antara 0.6 mm hingga 3 mm. Setiap lembaran kayu tersebut dilem dengan menggunakan lem khusus, kemudian disusun dengan arah sudut berbeda-beda agar dapat menghasilkan kekuatan terhadap tekanan.

Jumlah lapisan disesuaikan dengan ketebalan yang diinginkan dan jumlahnya harus ganjil (3,5,7,9, dst lembar). Setelah disusun dengan jumlah ketebalan yang diinginkan kemudian lembaran-lembaran tersebut dipress dengan tekanan yang sangat tinggi serta suhu hingga 140 derajat Celcius. Selain jenis kayu, jenis perekat atau lem adalah unsur penting dalam pembuatan Plywood, ada 3 jenis lem yang biasa dipakai dalam pembuatan Plywood yaitu : UF (Urea Formaldehyde), MF (Melamine Formaldehyde), dan PF (Phenolic Formaldehyde).

Lem UF dipergunakan dalam pembuatan Plywood yang tidak terlalu membutuhkan kekuatan yang tinggi, misalnya untuk pembuatan indoor furniture, kebanyakan triplek yang beredar di pasaran Indonesia menggunakan lem jenis ini.

Lem MF adalah lem triplek yang mengandung melamine, sama seperti lem UF, lem MF juga dipergunakan untuk pembuatan plywood yang dipergunakan untuk indoor tetapi lem MF memiliki kekuatan dan hasil plywood yang lebih baik daripada yang menggunakan lem UF.

Lem PF banyak dipergunakan dalam pembuatan Plywood yang membutuhkan ketahanan tinggi misalnya Plywood tahan cuaca (WBP Plywood) atau untuk plywood yang dipergunakan dalam pengecoran (Film Paced Plywood) atau juga dipergunakan dalam pembuatan kapal layar (Marine Plywood).

Keunggulan dari kayu lapis dibandingkan dengan kayu solid adalah dimensinya lebih stabil, tidak pecah/retak pada pinggirnya jika dipaku, keteguhan tarik tegak lurus serat lebih besar, ringan dibandingkan luas permukaannya, bidang yang luas dapat ditutup dalam waktu yang singkat, kuat pegang sekrupnya relative tinggi serta warna, tekstur dan serat dapat diseragamkan sehingga corak atau polanya bisa simetris.


Disadur dari ( http://mr-plywood.com/pengenalan-tentang-plywood/ ).

4 comments:

  1. terima kasih atas infonya, tentu informasi yg benar mengenai kayu lapis membuat sy dapat memahami dimana perbedaannnya yg disebut plywood ataupun triplek

    ReplyDelete
    Replies
    1. kami, disini mencoba datang dan menawarkan sedikit bantuan kecil kepada anda sekalian, kami tidak pernah menyarankan anda untuk berhutang atau berbisnis pada makhluk gaib, semua adalah terserah anda dan keputusan ada di tangan anda, manis-pahitnya hidup adalah cerita dunia yang bersifat temporer, namun adakalanya anda dalam situasi yang sangat terdesak sehingga membuat anda menjadi gelap mata untuk kesana-kemari mencari pinjaman dana demi melunasi hutang anda atau hal lain. sekali lagi, dalam hal ini, kami hanya menawarkan sebuah solusi, tidak memaksa, mengajak ataupun menyuruh anda. karena kami sangat terimakasih kepada ky witjaksono yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang mbah berikan bisa tembus dan alhamdulillah kami juga bisa di bantu melalui uang gaib bagi anda yang ingin di bantu hubungi ky witjaksono di 0852_2223_1459. ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinga
      klik=>> UANG GAIB TANPA TUMBAL

      Delete
  2. terima kasih atas infonya, tentu informasi yg benar mengenai kayu lapis membuat sy dapat memahami dimana perbedaannnya yg disebut plywood ataupun triplek

    ReplyDelete
  3. Sama-sama pak Agus, mohon input nya apabila ada dan maafkan apabila ada kekurangan nya.

    Salam.

    ReplyDelete